Langkah Menjadi Digital Marketer Sukses

Tool Indonesia

Tentang Tool SEO Secret Indo

Tool SEO 2024

Panduan SEO Secret Indo

Tips dan Saran

Langkah Menjadi Digital Marketer Sukses

SEO Secret Indonesia

Langkah Menjadi Digital Marketer Sukses

Kategori Digital Marketing  oleh MC Project 

Dalam masyarakat saat ini, kehidupan kita jauh lebih terhubung dengan dunia digital daripada sepuluh tahun yang lalu. Menurut PBB, lebih dari setengah populasi dunia (53%) saat ini memiliki akses Online melalui berbagai perangkat seluler, dengan 42 persen memiliki konektivitas internet.

Dengan begitu banyak orang yang berpartisipasi dalam aktivitas online seperti bermain game, bekerja, dan berbelanja, tidak mengherankan jika digital telah menempati urutan teratas dalam daftar prioritas departemen pemasaran. Semakin banyak perusahaan, perusahaan, dan organisasi mulai melakukan pengeluaran besar dalam pemasaran digital karena berbagai alasan, mulai dari mempertahankan relevansi hingga membangun merek yang sukses.

7 Langkah Menjadi Digital Marketer Sukses dan Profesional

Untuk menjadi sukses dalam kapasitas apa pun, apakah Anda ingin menjadi pemasar digital atau hanya ingin mengembangkan keterampilan Anda, Anda harus mempertimbangkan taktik dan langkah-langkah berikut: Untuk individu dengan kemampuan yang diperlukan saat ini, ada beberapa peluang kerja di pemasaran digital, mulai dari dari lepas hingga bekerja untuk perusahaan dengan kehadiran pemasaran digital yang kuat.

Akibatnya, bagaimana Anda dapat memposisikan diri Anda sebagai profesional pemasaran digital yang dicari? Tujuh taktik penting ini dapat membantu Anda mengkhususkan, menyusun strategi, dan merampingkan karir pemasaran digital Anda. Mereka tidak diatur dalam urutan tertentu.

1. Awasi apa yang terjadi

Sementara pengetahuan dan informasi pemasaran digital gratis dapat diterima dari sumber seperti podcast dan artikel online, menghadiri konferensi profesional memberikan manfaat yang tidak dapat disamai oleh sumber informasi lainnya.

Konferensi atau acara jejaring ini memberikan kesempatan untuk mendengar dari para pemimpin industri internasional, menerima saran dari profesional pemasaran digital terkemuka, dan memperoleh wawasan tentang arah bisnis pemasaran digital. Mereka secara teratur mengadakan acara, kursus, dan kelas yang menarik untuk membantu Anda meningkatkan bakat Anda dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan dalam kehidupan profesional Anda.

Selain meningkatkan pengetahuan profesional Anda di konferensi lokal atau global, keterlibatan Anda dapat membantu Anda menciptakan interaksi interpersonal yang lebih kuat.

2. Pelajari teknik pemasaran digital dari merek terkenal dan pengusaha sukses

Jika Anda mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam pemasaran digital atau baru memulai di sektor ini, menghadiri konferensi pemasaran digital profesional mungkin tampak sangat mahal. Kabar baiknya adalah ada banyak konten inovatif dan informatif yang tersedia secara online untuk membantu Anda sukses dalam pekerjaan pemasaran online Anda.

Para "pemimpin pemikir" pemasaran digital ini memiliki keahlian, keterampilan, dan wawasan yang diperlukan untuk membuat konten digital yang sangat mudah diakses untuk bidangnya masing-masing. Dan, karena sebagian besar pemikir ini juga pemasar digital, mereka memahami bagaimana membuat konten instruksional mereka dapat diakses secara luas melalui mesin pencari dan platform media sosial.

Anda hampir pasti telah membaca artikel dari pakar pemasaran digital seperti Neil Patel dan vendor perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) seperti HubSpot jika Anda seorang pemasar digital. Anda akan dapat mencapai tujuan Anda sebagai pemasar digital di lingkungan yang tampaknya selalu berubah karena materi yang dibuat oleh para pakar industri ini, yang ditujukan baik untuk pendatang baru maupun pemasar berpengalaman.

3. Bertemanlah dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama

Sebagai pemasar digital, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk membuat komunitas online. Baik itu merek Anda sendiri atau perusahaan multinasional, komunitas yang aktif dapat membantu atau menghambat kesuksesan perusahaan Anda. Oleh karena itu, mengapa tidak bergabung dengan komunitas pemasaran digital yang memiliki minat yang sama dengan Anda?

Berpartisipasi secara aktif dalam komunitas pemasaran digital, baik online maupun offline, dapat membantu Anda mengenali pentingnya pekerjaan Anda dan bagaimana hal itu sesuai dengan "gambaran besar" perusahaan dan kehidupan Anda.

Kemampuan untuk mengungkapkan kekhawatiran Anda atau hanya mengajukan pertanyaan tentang komponen baru pemasaran digital dapat mendorong kedua belah pihak untuk belajar dan mencoba dengan pendekatan dan prosedur baru asalkan mereka merasa nyaman melakukannya.

4. Cari peluang magang pemasaran digital

Banyak orang menggunakan magang untuk mendapatkan pengalaman dalam lingkungan profesional yang akan menguji keterampilan mereka, sama seperti jenis pekerjaan lainnya. Meskipun magang mungkin menantang, jika Anda dibimbing oleh tim spesialis yang terlatih, Anda akan dapat belajar dari kesalahan dan keberhasilan mereka sepanjang tahun.

Magang dapat membantu Anda tidak hanya mengembangkan portofolio dan mendapatkan pengalaman penting, tetapi juga dapat membantu Anda menentukan preferensi dalam lingkungan profesional.

Karena luasnya pemasaran digital, Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih suka bekerja sendiri atau berkembang dalam strategi konten kolaboratif untuk mempromosikan produk atau layanan baru ketika mencoba mengembangkan konten unik.

Meskipun Anda dapat mempelajari dan mengalami sendiri komponen pemasaran digital, magang memaparkan Anda pada tantangan dunia nyata yang dihadapi pemasar, serta teknik yang membantu mereka menciptakan reputasi mereka sebagai tim pemasaran sebagai hasil dari pekerjaan mereka.

5. Untuk memajukan karir Anda, bergabunglah dengan organisasi profesional

Arsitek, pengacara, dan dokter hanyalah segelintir profesi yang dapat memperoleh manfaat dari bergabung dengan organisasi profesional.

Karena pemasaran digital adalah industri yang berkembang dan signifikan di seluruh dunia, menjadi anggota perwakilan pemasaran digital profesional dapat membantu Anda menonjol dari yang lain saat melamar posisi yang Anda inginkan.

Seringkali, Anda hanya dapat bergabung dengan organisasi profesional setelah menyelesaikan program sertifikasi. Kursus Sertifikasi Ahli Pemasaran Digital dapat membuat Anda memenuhi syarat sebagai profesional pemasaran digital bersertifikat, yang sangat bermanfaat bagi pemasar digital. Kursus-kursus ini, seperti yang tercantum di bawah ini, sering kali membahas komponen terpenting dari pemasaran digital.

  • SEO sebagai alat pemasaran PPC
  • Pemasaran email adalah semacam pemasaran di mana pesan elektronik digunakan untuk berkomunikasi dengan audiens tertentu.
  • Administrasi platform media sosial

6. Memantau keadaan aktivitas pemasaran digital saat ini

Cara pemasar digital terhubung dengan pelanggan mereka secara online berkembang dengan cara yang sama seperti program, aplikasi, dan platform media sosial. Alih-alih menghafal jargon internet terbaru, pemasar digital harus memahami bagaimana kecerdasan buatan (AI) mengubah cara penggunaan teknologi, dan pemasar digital yang gesit harus mengikuti lanskap yang berubah.

Pertahankan kesadaran yang tajam tentang tren industri, konten yang relevan, dan berbagai peningkatan untuk menjadikan diri Anda sebagai pemasar digital terbaik di kelasnya dalam jangka panjang.

Apa sebenarnya kabar baik itu? Apa sebenarnya kabar baik itu? Sangat mudah untuk tetap up to date pada kemajuan terbaru dalam industri pemasaran digital. Beberapa podcast luar biasa membahas topik ini secara mendalam, dan situs web seperti Buffer dan Content Marketing Institute menyediakan materi yang jelas dan terinformasi dengan baik tentang hampir semua hal yang ingin Anda ketahui tentang pemasaran digital.

Anda dapat berkembang menjadi ahli pemasaran digital karena langganan reguler Anda ke buletin ini untuk menerima pemberitahuan informasi baru di kotak masuk Anda secara teratur atau lebih suka mengirim podcast di perjalanan pagi Anda sebagai hasil dari pengetahuan baru Anda tentang Anda. industri dan cara kerjanya.

7. Melanjutkan pendidikan sebagai praktik

Meskipun pendidikan diperlukan untuk setiap karir pemasaran digital, pembelajaran tidak boleh dibatasi pada jam setelah sekolah. Saat Anda masih dalam fase awal karir pemasaran digital Anda, pelatihan dapat membantu Anda membangun diri Anda sebagai pemasar digital yang mandiri dan sesuai permintaan.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, industri pemasaran digital terus berkembang, oleh karena itu Anda harus menjaga pengetahuan industri Anda saat ini juga. Karier dalam pemasaran digital memungkinkan Anda menjelajahi minat unik Anda sekaligus mendapatkan manfaat dari sesi pelatihan.

Seperti yang pasti Anda sadari, jika Anda menyukai suatu subjek, kemungkinan besar Anda akan menyelesaikan kursus atau memperoleh sertifikasi di bidang itu jauh lebih besar. Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja iklan bayar per klik? Bagaimana jika saya memberi tahu Anda bahwa membuat halaman penjualan yang kuat memerlukan sejumlah langkah?

Ketersediaan berbagai kursus pelatihan keterampilan digital online dan offline mengurangi kebutuhan untuk khawatir tentang membuat komitmen keuangan untuk memajukan profesi Anda.

Apakah Anda ingin memajukan karir pemasaran digital Anda? Lihatlah sumber daya ini. Taktik dan metode yang disebutkan di atas dimaksudkan untuk membantu Anda belajar, berkembang, dan berkembang sebagai pemasar digital online dan offline baik dalam situasi online maupun offline. Bekerja dalam pemasaran digital dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang aspirasi Anda sendiri serta dunia di sekitar Anda, selain bermanfaat secara finansial.

Jika Anda ingin membangun perusahaan dan merek Anda sendiri yang sukses atau mengambil alih manajemen tim pemasaran digital yang ada, ada banyak pilihan di bidang pemasaran digital. Individu yang siap untuk meningkatkan perdagangan mereka dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan akan menemukan banyak peluang di sektor ini.

Diploma profesional atau diploma pemasaran digital yang diakui Institut Pemasaran Digital mungkin berguna.